SELAMAT DATANG DI SISTEM INFORMASI DAN TRANSPARANSI PENGADILAN AGAMA PALOPO

 
Menu
 
sipp_web.png logo_e-court.png Gugatan_Mandiri.png  siwas Direktori-Putusan.png  zi

Berbagi Pengalaman : Wakil PA Makassar Berikan Kiat Raih Predikat WBK

IMG-20200707-WA0025.jpg

(Palopo, 08 Juli 2020) Pengadilan Agama Palopo saat ini tengah mempersiapkan proses Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM). Tahapan tersebut merupakan tindak lanjut dari pencanangan Zona Integritas yang berfokus pada Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Selasa, 07 Juli 2020, bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Palopo, Bapak Drs. H. Ahmad Nur., M.H, berkesempatan memberikan ilmu dan pengalamannya terkait pembangunan Zona Integritas. Beliau merupakan mantan Ketua Pengadilan Agama Sungguhminasa Kelas 1B dan sekarang menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Makassar Kelas 1A. Kedua satuan kerja tersebut telah mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Acara tersebut dibuka oleh Ketua Pengadilan Agam Palopo (Azimar Rusydi, S.Ag., M.H) dan dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya Kepada Bapak Drs. H. Ahmad Nur., M.H yang telah meluangkan waktu untuk bersilaturrahmi serta membagikan pengalamannya dalam meraih predikat WBK.

WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) merupakan salah satu predikat yang diberikan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) kepada instansi pemerintahan yang telah melalui serangkaian proses dan penilaian.

Dalam pembukaan acara inti Bapak Drs. H. Ahmad Nur., M.H memberikan penjelasan dan pengertian sederhana terkait Pembangunan Zona Integritas.

Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM merupakan program yang menitik beratkan pada peningkatan kinerja aparatur pengadilan,” tuturnya.

Adapun pemaparan yang beliau sampaikan sebagai berikut:

Area I Manajemen Perubahan, inti dari area ini ialah Pimpinan dapat memanage organisasi Pengadilan Agama supaya tercapai suatu perubahan yang diinginkan. Adapun yang dimaksud dengan perubahan yang diinginkan ialah terkait budaya integitas, budaya kinerja dan budaya melayani.

“Pimpinan sebagai role model diharapkan dapat menciptakan kegiatan yang memunculkan perubahan serta dalam kegiatan tersebut terdapat koimtmen bersama dari Pimpinan maupun Pegawai,”ujarnya.

Area II Penataan Tatalaksana, inti dari area ini ialah bagaimana bisnis proses yang ada di Kepaniteraan maupun Kesekretariatan dapat berjalan secara efektif, efisien dan ekonomis. Beliau menuturkan bahwa “setiap kegiatan harus ada Standard Operational Procedure (SOP) yang berguna untuk mengontrol dan penakar kepastian layanan yang telah diberikan oleh Pengadilan Agama”.

Kepastian dan kejelasan layanan tersebut meliputi kepastian prosedur berperkara, kejelasan petugas PTSP, kejelasan biaya, kejelasan informasi dan pengaduan dan kejelasan waktu layanan. Selain itu, inovasi juga diperlukan dalam menunjang kinerja aparatur pengadilan serta mempermudah masyarakat pencari keadilan.

Area III Penataan Sitem Manajemen Sumber Daya Manusia bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme SDM pada satuan kerja. Kemudian untuk mencapai perubahan yang signifikan terhadap budaya integritas, budaya kinerja dan budaya melayani dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dan siap bersaing dan perlu mengikutsertakan aparatur pengadilan pada diklat-diklat tertentu.

Area IV Penguatan Akuntabilitas Kinerja bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja pada satuan kerja. Adapun target yang ingin dicapai pada program ini ialah meningkatnya kinerja instansi pemerintah dan meningkatnya akuntabilitas instansi pemerintah.

Adapun inti dari area ini ialah,”segala kegiatan yang dilaksanakan di kantor Pengadilan Agama dapat dipertanggungjawabkan secara transparan”, tuturnya.

Area V Penguatan Pengawasan, bertujuan penyelenggaraan satuan kerja yang bersih dari korupsi dan KKN dengan target yang ingin dicapai yaitu, meningkatnya kepatuhan terhadap pengelolaan keuangan negara, meningkatnya efektifitas pengelolaan keuangan negara, menurunnya tingkat penyalagunaan wewenang.

Area VI Penguatan Kualitas Pelayanan Publik merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.

Setelah penjelasan tersebut, kemudian beliau memberikan pengalaman terkait kiat sukses meraih predikat WBK, sebagai berikut:

Pertama, komitmen kuat untuk mengubah mindset dan budaya kinerja yang kurang baik. Aparatur Pengadilan, Pimpinan hingga Pegawai wajib memiliki tekad yang kuat untuk bersama-sama mengubah budaya kinerja yang kurang sesuai;

Kedua, program Pengadilan Agama yang menyentuh. Maksudnya ialah, Pengadilan Agama dituntut untuk menciptakan terobosan dan inovasi yang dibutuhkan oleh masyarakat sehingga masyarakat merasa terbantu dengan adanya inovasi yang diberikan oleh Pengadilan Agama;

Ketiga, menyediakan fasilitas pelayanan yang memadai. Fasilitas merupakan penunjang dalam pelaksanaaan pekerjaan di Pengadilan serta meningkatkan produktivitas kinerja. Selain itu, fasilitas yang memadai dapat memberikan rasa nyaman bagi masyarakat pencari keadilan.

Keempat, monitoring dan evaluasi. Hal ini bertujuan untuk mengamati dan mengetahui perkembangan dan progres serta dapat mengidentifikasi permasalahan kemudian ditemukan solusi/upaya pemecahannya;

Kelima, manajemen media. Media merupakan perantara untuk menyampaikan pesan ataupun informasi khususnya pada masyarakat pencari keadilan. Penggunaan media yang optimal dapat mempermudah masyarakat dalam mencari informasi, khususnya penggunaan media sosial.

Pemaparan di atas disampaikan secara sederhana dan mudah dimengerti. Kemudian beliau memberi kesimpulan bahwa,”proses pembangunan Zona Integritas merupakan proses perubahan dan perbaikan secara berkesinambungan”.

Kegiatan di atas diikuti oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Palopo, kemudian acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan ditutup dengan hamdalah.(dab)

IMG_20200708_151954.jpg

Pencarian...

SKM.png

Kuisioner  Persepsi Korupsi

Flag Counter

Info TPM Tenaga Teknis Pradilan Agama

Penghargaan PA Palopo

IMG_20200727_152003FILEminimizer.jpg

sertifikat

 

 

Ketua PA Palopo

Azimar

Hakim, Pegawai dan Honorer

WAKIL KETUA
HAKIM
HAKIM
HAKIM
HAKIM
PANITERA
PANMUD HUKUM
PANMUD GUGATAN
PANMUD PERMOHONAN
PANITERA PENGGANTI
PANITERA PENGGANTI
PANITERA PENGGANTI
SEKRETARIS
KASUBBAG IT
KASUBBAG UMUM
KASUBBAG KEPEGAWAIAN
JURUSITA
JURUSITA
JURUSITA PENGGANTI
STAFF
STAFF
STAFF
STAFF
HONORER
HONORER
SECURITY
SECURITY
HONORER
HONORER
DRIVER

TAUTAN TERKAIT

sulsel.png

palopokota.png

Web Mail

Waktu Sholat