Ini Hasil Lengkap Survei Kepuasan Publik Terhadap Layanan Administrasi Pengadilan
Jakarta l Badilag.net
Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK) baru saja merilis hasil survei berjudul “Laporan Baseline Survey Pelayanan Publik Pengadilan: Survey Kepuasan Pengadilan 2018”. Pernah dicuplik dalam Laporan Tahunan Mahkamah Agung 2018, laporan hasil survei itu kini dipublikasikan secara utuh.
PSHK mengadakan survei terhadap empat aspek, yaitu layanan administrasi, layanan informasi, bantuan hukum dan tilang.
Pada aspek pertama, yakni layanan administrasi pengadilan (court administration) di PN dan PA, PSHK menemukan bahwa 50% responden menyatakan puas, 40% menyatakan cukup dan 10% persen menyatakan tidak puas.
Rinciannya, pada PN, 34% responden menyatakan puas, 50% cukup dan 15% tidak puas. Sedangkan pada PA, 65% responden menyatakan puas, 30% cukup dan 5% tidak puas.
Berikut ini adalah data lengkap layanan administrasi PN dan PA yang disurvei oleh PSHK:
No |
Aspek layanan |
Sub-Aspek Layanan |
Pengadilan Negeri |
Pengadilan Agama |
||||
Puas |
Cukup |
Tidak |
Puas |
Cukup |
Tidak |
|||
Fasilitas pengadilan |
Akses ke gedung pengadilan |
36% |
50% |
14% |
60% |
34% |
6% |
|
Fasilitas informasi |
32% |
48% |
20% |
51% |
41% |
8% |
||
Fasilitas toilet |
11% |
41% |
48% |
28% |
46% |
26% |
||
Proses pendaftaran |
Prosedur pendaftaran |
36% |
55% |
9% |
62% |
34% |
4% |
|
Sistem pembayaran |
34% |
63% |
13% |
61% |
30% |
9% |
||
Petugas pendaftaran dan pembayaran |
38% |
48% |
14% |
60% |
32% |
8% |
||
Persidangan |
Persiapan persidangan |
39% |
52% |
9% |
56% |
38% |
6% |
|
Fasilitas ruang sidang |
44% |
41% |
15% |
66% |
28% |
6% |
||
Proses persidangan |
39% |
49% |
12% |
64% |
31% |
5% |
||
Pemeriksaan setempat |
38% |
53% |
9% |
60% |
33% |
7% |
||
Pemberian putusan |
Pemberian putusan |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
|
Pengembalian sisa pembayaran |
Sisa panjar biaya perkara |
49% |
45% |
15% |
73% |
21% |
6% |
|
Permohonan eksekusi |
Eksekusi |
22% |
55% |
23% |
47% |
47% |
6% |
|
Petugas pengadilan |
Petugas pengadilan |
31% |
51% |
18% |
62% |
31% |
7% |
|
TOTAL |
34% |
50% |
15% |
65% |
30% |
5% |
Metodologi PSHK
PSHK melakukan survei pada Maret hingga Juli 2013 di 12 kota pada 12 Pengadilan Negeri (PN), 12 Pengadilan Agama (PA) dan 2 Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Khusus untuk PTUN, tidak ada laporan hasil survei pelayanan administrasi.
Pengadilan-pengadilan itu tersebar di empat area berdasarkan wilayah pengawasan Badan Pengawasan MA. Wilayah I adalah Sumatera; wilayah II adalah Jawa dan Bali; wilayah III adalah Kalimantan dan Sulawesi; dan wilayah IV adalah NTB, NTT, Maluku dan Papua.
Wilayah I terdiri dari Medan, Palembang dan Rantau Prapat. Wilayah II terdiri dari Jakarta Selatan, Sleman dan Tuban. Wilayah III terdiri dari Banjarmasin, Samarinda dan Palu. Dan, wilayah IV terdiri dari Mataram, Soe dan Sumbawa Besar.
Pengadilan-pengadilan itu ditentukan PSHK dengan pertimbangan memiliki perkara di atas 350 per tahun dan menangani perkara-perkara yang kompleks. Tujuannya agar memberikan hasil yang optimal terhadap pemetaan kepuasan atas layanan pengadilan.
PSHK melakukan survei dengan menggabungkan dua pendekatan, yaitu kuantitatif dan kualitatif, untuk menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi.
Dengan pendekatan kuantitatif, data yang dihimpun berupa angka-angka yang diperoleh berdasarkan persepsi kepuasan responden. Untuk itu, PSHK menggunakan kuesioner.
Di sisi lain, pendekatan kualitatif ditempuh PSHK dengan cara melakukan wawancara dan studi dokumen. Yang diwawancarai PSHK adalah aparatur pengadilan.
Pada survei kepuasan administrasi pengadilan, responden di PN dan PA berjumlah 770. Rinciannya, 383 responden di PN dan 387 responden di PA.
Mayoritas responden adalah lulusan perguruan tinggi (51%), lalu SMP dan SMA (42%), SD (6%) dan lainnya (1%).
Sebagian besar responden adalah para pihak non-advokat (49%), disusul advokat (26%), agen pengurusan administrasi peradilan (3%) dan lainnya (5%).
Sebanyak 72% responden adalah pria dan hanya 28% responden wanita. Rinciannya, di PN, responden pria 82% dan responden wanita 18%. Sementara di PA, responden pria 59% dan responden wanita 41%.
[hermansyah]